FAQ

FAQ (Frequently Asked Question)
Ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan. Jika pertanyaamu tidak ada silahkan hubungi kami disini


1. Apa itu Kakak Asuh?

Kakak Asuh adalah komunitas yang bergerak di bidang sosial pendidikan. Komunitas kakak Asuh juga merupakan tempat mahasiswa berbagi lewat pembimbingan dan pengembangan bakat anak-anak di berbagai daerah yang ada di Indonesia.

2. Apa fokus kegiatan dan tujuan Kakak Asuh?
Fokus kegiatan kakak asuh ada pada pengembangan anak-anak yang dilakukan dengan pendekatan seperti seorang kakak terhadap adiknya. Kami fokus pada kegiatan-kegiatan yang menunjang pendidikan. Sehingga diadakan kegiatan seperti pelatihan, bermain, mengadakan berbagai lomba dan pertunjukkan sesuai dengan bakat dan minat adik asuh.

Kami berharap kegiatan ini akan membantu anak anak untuk menemukan bakatnya, mengembangkan bakatnya, melakukan kegiatan yang menyenangkan namun baik untuk perkembangam mereka. Kami menjadi wadah untuk mahasiswa berbagi ilmu dan kemampuan mereka untuk kemajuan anak anak indonesia.

3. Di daerah mana saja kegiatan Kakak Asuh diadakan?
Kakak Asuh pada Batch 2 akan mencakupi kota : Bandung, Bogor, Bekasi, Jakarta, Depok, dan Yogyakarta.

4. Bagaimana caranya agar saya terlibat dalam kegiatan Kakak Asuh?
Kakak Asuh membuka open recruitment secara berkala baik Oprec Badan Pengurus Pusat (BPP) ataupun Badan Pengurus Daerah (BPD). Ikuti sosial media Kakak Asuh untuk mengetahui jadwal open recruitment


5. Apa itu BPP dan BPD?

BPP atau Badan Pengurus Pusat adalah satuan badan kepengurusan Kakak Asuh yang mengurus semua daerah dan mengurus Kakak Asuh sebagai suatu lembaga lebih lengkapnya bisa dibaca disini. Sedangkan BPD atau Badan Pengurus Daerah adalah satuan badan kepengurusan yang mengurus Kakak Asuh di daerah masing- masing, selengkapnya bisa dibaca disini.

5. Kapan kegiatan Kakak Asuh
dilakukan?
Kegiatan rutin Kakak Asuh yaitu pengajaran berlangsung rutin setiap minggunya.


6. Apa syarat agar bisa menjadi pengurus Kakak Asuh?
Semua syarat dan ketentuan bisa dibaca saat open recruitment dimulai.

7. Apa harus mengikuti kegiatan penuh Kakak Asuh?
Tidak, untuk jadwal nantinya akan disesuaikan dengan jadwal mahasiswa, pada umumnya dilakukan pada hari libur (sabtu/minggu) sehingga kegiatan bersifat rutin namun jadwal perorangan fleksibel namun harus tetap komitmen.


8. Apa boleh saya dari daerah lain mengikuti kegiatan Kakak Asuh di regional yang sudah ditentukan?
Tentu boleh, asalkan siap datang dan mengikuti kegiatan tersebut dengan komitmen penuh sesuai dengan daerah yang telah Kakak Asuh tetapkan..

10. Apakah semua yang daftar akan langsung diterima?
Tidak, setiap open recrutiment adalah sebuah seleksi untuk menjadi bagian dari Kakak Asuh

11. Jika tidak semua diterima, lalu bagaimana dengan sistem penilaian?
Kami melihat dari kagiatan yang pendaftar sedang lakukan, dari komitmen, dari jawaban, dari kreatifitas dan niat teman-teman. Kami juga memberikan nilai tambah untuk teman-teman yang mengikuti seluruh aturan kami dengan benar dan konsisten. Untuk teman teman, jangan takut apabila tidak memiliki pengalaman yang banyak dalam organisasi dan kepanitian. Karena hal tersebut bukan penilaian utama kami.


(UPDATE) UNTUK OPREC BPD BATCH 3:

12. Kak apakah harus mahasiswa?
Iya, karena kami adalah komunitas mahasiswa jadi untuk BPD harus mahasiswa pada jenjang apa pun.

13. Aku asli dari Bekasi tapi kuliah di Yogya. aku daftar Kakak Asuh bisa ga? Kalau bisa aku masuk BPD Kakak Asuh Bekasi atau Yogya?
Boleh kak! kalau kakak mahasiswa rantau, kakak bisa daftar di domisili kakak saat ini. Kakak lebih kesearian aktivitasnya di Yogya berarti kakak daftar di Yogyakarta ya.

14. Kak, kegiatan kakak asuh dilakukan setiap hari apa?
Kegiatan memberi dan membimbing Kakak Asuh dilakukan satu kali dalam satu minggu, untuk hari dan waktu kami belum bisa menjawabnya karena hal ini berdasarkan pada hasil musyawarah dan kesepakatan setiap daerah ya kak.

15. Kalau lolos Kakak Asuh dapat sertifikat gak sih kak?
Setiap anggota BPD akan mendapatkan sertifikat dari Kakak Asuh ya, ini spesial untuk kakak yang berkontribusi dengan komitmen yang terjaga hingga akhir batch!

16. Kak, rumahku di Tangerang, daerah ku gak ada Kakak Asuh, aku daftar di Jakarta boleh?

Boleh selama kakak masih sanggup untuk mengaksesnya. Kami tidak ingin memberatkan kakak dengan akses yang jauh, tetapi kalau kakak mampu menjaga komitmen untuk adik asuh, tentu saja kami terima dengan tangan terbuka!

3 comments:

  1. Min, kenapa Komunitas Kakak Asu ini baru di beberapa tempat di P. Jawa saja, apakah ada rencana untuk membuka jaringan lebih luas? Khususnya Sumatera Selatan (Palembang)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak, maaf atas keterlambatan dalam menjawab. Besar harapan kami untuk dapat menjangkau luar pulau Jawa, namun karena keterbatasan sumber daya manusia dari anggota Kakak Asuh, saat ini kami belum dapat menjangkau luar pulau Jawa. Kami akan terus berupaya agar dapat menjangkau seluruh Indonesia, mohon doanya!

      Delete
  2. Kalo baru lulus kuliah dan belum kerja boleh gak ya? :(

    ReplyDelete